Tips memilih & membeli ban vulkanisir

Inilah tips memilih & membeli ban vulkanisir, saya bisa bercerita tentang tips ini karena saya pernah membeli ban vulkanisir untuk mengganti ban sepeda motor supra fit saya.

Gbr 1. Contoh Ban Vulkanisir Sepeda Motor
Waktu itu, yaitu beberapa saat setelah 2 ban sepeda motor saya, yaitu ban roda depan dan belakang telah berhasil diganti dengan ban vulkanisir (oplakan), hati saya cukup merasa senang, karena hanya mengeluarkan uang sebesar kurang lebih Rp 95.000,00 saja, ban roda depan dan roda belakang saya sudah menjadi baru.

Tetapi seiring berjalannya waktu, saya mulai merasakan adanya kelemahan dengan ban sepeda motor saya, walaupun ban sepeda motor saya dari luar batik-kannya masih terlihat bagus, ban sepeda motor saya sering kempis, terutama ban roda belakangnya, dan anehnya : penyebab kempisnya ban roda belakang sepeda motor saya tersebut bukan selalu karena kena paku, penyebab kempisnya adalah karena ban dalam roda belakang sepeda motor saya itu sobek halus.  Saya mengalami ban kempis karena disebabkan ban dalam sepeda motor saya sobek halus selama saya memakai ban vulkanisir, kejadiannya sudah lebih dari 2 kali, bahkan pernah ban belakang sepeda motor saya waktu dipakai istri saya mendadak kempis dan penyebabnya adalah ban dalamnya putus.

Gbr 2. Batik-kan Ban Vulkanisir
Masih Tampak Bagus
Dan suatu hari, pada hari Minggu waktu saya pulang piknik dari Janti bersama keluarga saya, ban roda belakang sepeda motor saya kempis lagi, dan penyebabnya bukan karena kena paku, tetapi karena sobek halus, nah sejak waktu itulah saya mulai berpikir, apa penyebabnya, ternyata penyebabnya adalah mungkin karena terjepik oleh ban luar vulkanisir sepeda motor saya.

Inilah barangkali kondisi bagian dalam ban luar vulkanisir saya yang menyebabkan ban belakang saya sering sobek halus, lihat gambar dibawah!

Gbr 3. Tampilan bagian dalam ban vulkanisir
Gbr 4. Bagian dalam ban vulkanisir yang tidak baik
Akhirnya untuk sementara, ban saya tambal, setelah itu ban luarnya langsung saya ganti dengan ban luar yang baru yang tidak vulkanisiran (oplakan) dengan merk "dunlop". Harga Rp 115.000 sudah termasuk ongkos pasangnya.

Supaya kalian kedepan tidak mengalami hal yang tidak diharapkan seperti saya, yaitu ban sepeda motor kalian sering mengalami kempis, jika dengan terpaksa kalian harus memakai ban vulkanisir atau ban oplakan untuk mengganti ban sepeda motor, sebelum kalian memutuskan membeli ban vulkanisir, simaklah tips dari saya cara terbaik memilih ban vulkanisir :
Pilihlah bagian dalam dari ban luar vulkanisir yang permukaannya halus, tidak sobek, sekecil apapun sobekkannya, berusahalah kalian hindari.

Tidak ada komentar: